Di tengah banyaknya menteri lawas yang dipanggil Prabowo Subianto untuk ‘audisi’ kabinet. muncul Sri Mulyani Indrawati. padahal, menteri yang satu ini banyak dikritik ekonom, lantaran getol menerbitkan surat utang negara (SUN).

Per Agustus 2024, utang yang diwariskan pemerintahan Jokowi mencapai Rp8.461,93 triliun. “Sri Mulyani menjadi salah satu sosok ekonom selebritis di dalam pengelolaan ekonomi Indonesia, lebih dari satu dekade terakhir. Pengalamannya yang mendalam di dunia internasional, termasuk Bank Dunia, sering kali dijadikan alasan kuat untuk mempertahankan sebagai menkeu,” kata ekonom UPN Veteran-Jakarta, Achmad Nur Hidayat (ANH), Jakarta, Senin (14/10/2024).

Dinilai berhasil menjaga stabilitas ekonomi selama krisis keuangan global dan pandemi COVID-19, Achmad Nur, justru menyebut Sri Mulyani dan tim ekonominya, gagal sukses dalam mencapai lompatan pertumbuhan ekonomi yang signifikan.

“Dalam satu dekade ini, ekonomi hanya bertumbuh rata-rata 5 persen. Jauh di bawah target ambisius yang dibutuhkan untuk membawa Indonesia menjadi negara berpenghasilan tinggi,” kata dia.

Kebijakan fiskal yang dijalankan Sri Mulyani, menurutnya, terlalu fokus kepada stabilitas dan infrastruktur besar-besaran. Namun gagal menghasilkan imbal hasil yang tinggi.

Proyek-proyek kakap, seperti pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, justru menciptakan beban keuangan yang berat. “Indonesia ini negara aneh. Utangnya bisa tumbuh tinggi tapi perekonomiannya macet di level 5 persen saja. Itu yang terjadi selama Sri Mulyani menjabat menkeu,” ungkapnya.

Dalam jangka panjang, kata Achmad Nur, utang yang tidak disertai dengan peningkatan pertumbuhan dan pendapatan negara, hanya akan memperburuk kondisi fiskal. “Beban pembayaran utang yang besar, mengurangi kemampuan negara untuk berinvestasi di sektor-sektor produktif, seperti teknologi, pendidikan, dan kesehatan,” jelasnya.

Pada Senin malam (14/10/2024), awak media dibikin kaget dengan kehadiran wanita paling ayu di kabinet. Ya siapa lagi kalau bukan Sri Mulyani.

Mengenakan blouse batik bermotif bunga berkelir cokelat dan hitam, Sri Mulyani terlihat memasuki kediaman Prabowo Subianto di Kertanegara, Jakarta Selatan.

Tentu saja, kehadiran Sri Mulyani ini atas panggilan Prabowo, presiden terpilih 2024-2029 yang saat ini, tengah menyusun kabinet.

Dia hanya tersenyum sambil memberi salam kepada wartawan yang menghampirinya. Dia pun tancap gas menuju pintu masuk rumah Prabowo.

Sumber: inilah.com